Artikel

Cara Hitung Biaya Renovasi Atap Rumah

Renovasi atap rumah merupakan salah satu pekerjaan yang sering dilakukan. Karena pada bagian inilah sering terjadi kerusakan yang menyebabkan kebocoran pada rumah. Tetapi biaya renovasi atap rumah tergolong tidak murah, karena itulah perlu mengetahui cara menghitungnya.

Jika kamu tengah berencana untuk renovasi atap rumah maka harus diperhitungkan dengan cermat. Karena jika meleset, maka biaya akan menjadi membengkak. Dilansir dari berbagai sumber, berikut yang  jadi perhatian dalam menghitungnya:

1.Rangka

Rangka dalam renovasi atap rumah merupakan bagian yang sangat penting dan menelan biaya yang lumatan besar. Untuk membuat rangka ada yag menggunakan baja ringan atau kayu yang disusun dengan kemiringan tertentu.

Ketika akan membuat rangka atap maka perhatikan ukurannya. Berat atap berhubungan langsung dengan beban yang ditopangnya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan atap yang ada di pasaran:

  1. Kayu

Bentuk kayu yang memiliki sifat lentur dan mudah dibentuk. Harganya sangat mahal untuk beberapa jenis seperti kayu. Penggunaan rangka kayu seringkali cenderung segitiga. Kulit batang juga rentan terhadap serangan jamur.

Manfaatnya mudah ditemukan di pasaran. Jika menggunakan kayu, biasanya menghabiskan Rp. 3.000.000 untuk kuda-kuda. Sedangkan reng dan kaso harganya hanya Rp. 2.000.000.

  1. Baja Ringan

Baja ringan terbuat dari zinc, aluminium dan baja. Bahan baja ringan ini sangat tahan terhadap api, sehingga jika terjadi kebakaran maka kerusakan pada rangka  ini biasanya minimal. Selain itu, perawatannya juga mudah.

Renovasi atap rumah dengan menggunakan baja ringan sangat tahan terhadap cuaca dan tidak lapuk. Sementara, kekurangannya adalah bentuknya sudah dipatenkan sehingga framenya sangat unik dan sulit untuk dikembangkan.

Harga baja ringan per batang adalah Rp. 110.000 rupiah hingga Rp 160.000. Sebuah rumah dengan ukuran 4 x 8 meter persegi akan dikenakan biaya Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Cara Hitung Biaya Renovasi Atap Rumah
  1. Beton Bertulang

Permukaan yang keras bisa miring atau rata. Jika bangunan memiliki bentuk atap kubah, beton padat sering digunakan. Pondasinya kokoh tapi bobotnya sangat berat.  Cara melakukannya rumit dan karena itu memerlukan saran ahli.

Bagian tengahnya terbuat dari bahan yang terdiri dari campuran semen, pasir dan batu.

  1. Bambu

Bambu memiliki tampilan tradisional. Selain menggunakan bambu, juga dipadukan dengan kayu. Rangka bambu sering digunakan di rumah atau paviliun. Kelemahannya adalah  mudah dimakan rayap dan lapuk.

Jenis Atap Rumah

Ketika renovasi atap rumah, maka biaya yang dikeluarkan tergantung dari jenis atap yang digunakan. Jenis atap yang digunakan juga berbeda. Banyak yang menggunakan dua jenis bahan ini, yaitu genteng dan asbes. Berikut adalah rincian biaya dan nilai setiap jenis atap:

Cara Hitung Biaya Renovasi Atap Rumah

Genteng

Beberapa genteng terbuat dari tanah liat atau beton. Hanya genteng tanah liat yang umum digunakan di Indonesia. Baik di pedesaan maupun perkotaan. Semakin lama genteng tanah liat digunakan, semakin baik warnanya.

Ciri-ciri genteng tanah liat adalah dapat menyerap panas dan hujan dengan sangat baik. Harga genteng tanah liat murah, sekitar Rp. 2.500 per buah. Genteng beton dijual mulai dari Rp. 7.000. Genteng beton berat tetapi sangat tahan lama.

Asbes

Atap asbes dijual per lembar berukuran 180 x 105 cm. Harganya tergantung dari ketebalan asbes itu sendiri. Ketebalan rata-rata 4mm dan harga per lembar bisa Rp.53.000 hingga Rp 100 ribu.

Pemasangan dan perawatannya mudah, sayangnya karbon yang cepat aus. Asbes sering digunakan sebagai bahan atap. Dilihat dari tingkat kebisingan lebih rendah.

 

Cara Hitung Biaya Renovasi Atap Rumah

Pelapis Tahan Air

Untuk mencegah kebocoran, pelapis tahan air digunakan. Pelapis ini datang dalam bentuk cair seperti cat atau semprotan. Pelapis harus tahan UV sehingga tidak ada celah antara rangka dan atap.

Jenis pelapis berkinerja tinggi ini menggunakan basis poliuretan-akrilik. Keunggulan bahan ini adalah anti lumut, tahan terhadap berbagai jenis cuaca dan anti jamur. Waterproofing untuk atap biasanya membutuhkan satu barel cat pelapis.

Harga cover ini dijual per 4 kilogram mulai dari Rp. 192.000 rupiah. 240.000 per satuan.

 

Tukang

Hal lain yang perlu diperhatikan saat renovasi atap rumah adalah biaya pemasangan. Waktu pemasangan atap kayu, misalnya, memakan waktu satu minggu. Jumlah yang dibayarkan saat ini bisa mencapai Rp. 1.500.000.

Jika kamu menggunakan baja ringan, lebih murah karena lebih cepat dipasang. Dibutuhkan sekitar empat hari untuk memasang atap baja ringan. Biayanya sekitar Rp. 1.000.000. Beberapa orang menggunakan metode atap dikalikan dengan harga per meter.

Cara Hitung Biaya Renovasi Atap Rumah

Kami adalah perusahaan penyedia Jasa Bangun/Renovasi Rumah serta jasa desain rumah yang meliputi pembangunan untuk rumah, perumahan, villa, kost, ruko, kantor serta tempat tinggal lainnya.

Kontak Kami

Office : Jl. H.Mustofa No.38A, RT.05/RW.04, Kukusan, Kec. Beji, Depok, Jawa Barat 16425
Telpon :0878-5236-0106
Email : admin@bangunrenovasirumah.net